DREAMERSRADIO.COM – Memiliki tubuh gemuk? Dan ingin mendapatkan tubuh langsing tanpa harus bersusah payah ikut program diet. Salah satu cara sederhana untuk mendapatkan tubuh langsing dengan menjaga pola makan, dengan mengkonsumsi makanan berserat tinggi.

Dilansir dari Huffington Post, sebuah studi terbaru yang melibatkan lebih dari 23 ribu responden ini melaporkan bahwa mengkonsumsi jumlah serat lebih rendah dalam diet membuat mereka beresiko tinggi untuk menjadi gemuk.

Bahkan mereka yang kurang mengkonsumsi makanan berserat maka memiliki kecenderungan lebih beresiko mengalami metabolic dan peradangan kardiovaskular.

“Temuan kami menunjukkan bahwa dari sejumlah responden tersebut, total tingkat asupan seratnya masih sangat rendah dibandingkan dengan yang direkomendasikan. Ini berarti konsumsi serat masih belum terlalu dianggap penting,” ungkap seorang peneliti, Cheryl R. Clark, MD, Sc.D., dari The Center for Community Health and Health Equity, Brigham and Women’s Hospital, dan Harvard Medical School.

Pedoman yang diberikan Institute of Medicine, wanita berusia 19-50 tahun sebaiknya banyak makan 25 gram serat setiap hari. Sedangkan untuk pria minimal harus mengkonsumsi serat 38 gram setiap harinya.

Namun bagi wanita yang berusia di atas 50 tahun sebaiknya mengonsumsi sekitar 21 gram serat setiap hari dan pria dalam usia yang sama mengonsumsi 30 gram serat per hari. Serat bukan saja memperbaiki sistem pencernaan dan membantu menurunkan berat badan, tapi juga melindungi jantung dan resiko stroke.

Makanan seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan tinggi akan serat. Sebuah cangkir raspberry mengandung 8 gram serat, sebuah apel dengan kulit memiliki 4,4 gram serat, dan secangkir lentil memiliki 15,6 gram serat.

1 sachet CMP (Classic Mulberry Powder) itu setara dengan 2kg sayur.

Filed under: Uncategorized

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!